Open Library Telkom University

Memang tidak mungkin apabila di sebuah universitas tidak memiliki perpustakaan. Di Telkom University sendiri, terdapat satu perpustakaan yang menjadi pusat mahasiswa dalam mencari sumber-sumber tulisannya. Perpustakaan ini diberi nama Open Library yang biasa disebut “Oplib” oleh mahasiswanya.

Open Library terletak di Jl. Telekomunikasi – Ters. Buah Batu
Bandung 40257 Indonesia atau lebih tepatnya di gedung manterawu lantai 5.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan di perpustakaan ini.

A. KANTIN

Open Library menyediakan kantin didalamnya bagi mahasiswa atau pengunjung yang lapar dan haus. Perpustakaan ini menyediakan kantin tersebut karena sesuai aturan tidak boleh ada yang membawa makanan dan minuman dari luar dengan alasan dapat mengotori sekitar.

B. LOKER

Di Open Library terdapat pula loker untuk menyimpan tas para pengunjung. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga ketertiban dan kerapihan. Pengunjung dapat meminta kunci loker dari customer service yang ada di depan perpustakaan, kemudian menuju ke bagian kanan perpustakaan untuk ke loker.

Tidak perlu khawatir apabila ada barang yang ingin dibawa ke dalam. Pengunjung dapat meminjam tas yang disediakan untuk kemudian menggunakannya sebagai tas sementara yang terpenting bukan makanan dan minuman.

C. RUANG DISKUSI dan MINI THEATRE

Mahasiswa yang ingin berdiskusi secara privasi, bisa meminjam ruang diskusi yang memang dikhususkan untuk berdiskusi. Bahkan, ada ruangan yang dikhususkan untuk menonton. Seperti miniatur bioskop.

Meskipun koleksi buku masih tidak selengkap perpustakaan nasional, setidaknya fasilitas disini lebih nyaman. Para pengunjung dimanjakan dengan fasilitas yang ada, memberikan kesan bahwa membaca menyenangkan, tidak membosankan. Bahkan, beberapa spot membaca tidak memiliki kursi alias lesehan, hal ini memberikan kesan “rumah”.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perpustakaan telkom ini, bisa mengakses situsnya.

https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *